Rabu, 09 Januari 2013

Jenis – Jenis Pekerjaan


Kompetensi Dasar : 2.1 Mengenal jenis-jenis pekerjaan
Tujuan Pembelajaran : 2.1.1 Siswa mampu mendeskripsikan jenis-jenis pekerjaan dalam lingkungan tempat tinggalnya.

Kebutuhan manusia sangat beragam. Ada tiga kebutuhan pokok manusia yang harus dipenuhi, yaitu sandang, pangan dan papan. Sandang adalah kebutuhan  yang berupa pakaian. Pangan adalah kebutuhan yang berupa makanan. Papan adalah kebutuhan yang berupa tempat tinggal atau rumah.

Untuk memenuhi kebutuhannya, manusia harus bekerja. Dengan bekerja, manusia akan mendapatkan penghasilan, yang berupa uang atau gaji. Uang tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhannya.
Coba kamu perhatikan orangtuamu di rumah. Orangtuua terutama ayah berkewajiban untuk mencari nafkah. Ayah bekerja untuk mendapatkan penghasilan. Penghasilan ayah digunakan untuk membiayai keluarga, misalnya untuk membeli makanan, untuk membayar uang sekolah, dan lain – lain.

Ada banyak pekerjaan. Pekerjaan dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu pekerjaan yang menghasilkan barang dan pekerjaan yang menghasilkan jasa.

1. Pekerjaan yang menghasilkan barang. 
Pekerjaan ini menghasilkan barang. Pekerja mengolah bahan mentah menjadi barang. Barang yang dihasilkan bisa berupa barang setengah jadi atau barang jadi. Barang setengah jadi adalah barang yang belum jadi, artinya masih perlu diolah agar menjadi barang yang siap digunakan. Contoh barang setengah jadi adalah rangka kursi, rangka jendela. Barang jadi adalah barang yang sudah siap digunakan. Contoh barang jadi adalah pakaian yang sudah siap dipakai.
Jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan barang : 
  1.  Petani ; bekerja mengolah tanah untuuk ditanami padi, sayur atau buah. Setelah panen, petani mendapatkan padi, sayur dan buah dan kemudian dapat dikonsumsi dan dijual ke pasar. Barang yang dihasilkan petani sebagian besar adalah bahan mentah yang harus doiolah dulu sebelum dikonsumsi atau dimakan. 
  2. Peternak ; bekerja membudidayakan ternak yang tujuannya untuk mendapatkan manfaat dari hewan ternak. Hewan ternak, misalnya ikan, ayam, bebek, sapi, kerbau , kambing dan kuda. Hewan ternak menghasilkan telur, susu dan daging. Ada juga yang dimanfaatkan bulu dan kulitnya.
  3. Pengrajin ; bekerja untuk membuat bahan kerajinan. Pengrajin mengolah bahan mentah menjadi barang setengah jadi. Pengrajin ada dua, yaitu pengrajin yang menghasilkan barang keperluan dan pengrajin yang menghasilkan makanan. Pengrajin yang menghasilkan barang keperluan, misalnya pengrajin kursi, keramik, besi tempa, batik, dan lain-lain. Pengrajin yang  menghasilkan makanan, misalnya pengrajin tahu, tempe, keripik, manisan, dan lain-lain. Pekerjaan pengrajin memerlukan keahlian khusus.
  4.  Penjahit ; adalah orang yang menjahit kain. Penjahit mengolah barang setengah jadi menjadi barang jadi. Misalnya menjahit kain menjadi pakaian yang siap pakai. Penjahit memerlukan keahlian khusus, terutama keahlian di bidang model pakaian dan cara menjahit.
  5. Pedagang makanan olahan ; menghasilkan barang konsumsi berupa makanan jadi. Misalnya pembuat kue, penjual bakso, juru masak. Pekerjaan ini memerlukan keahlian khusus untuk mengolah bahan makanan. 
2. Pekerjaan yang menghasilkan jasa.

Jasa merupakan pelayanan. Dari hasil menjual jasa, pekerja dapat  memperoleh uang atau gaji. Ada pekerjaan jasa yang membutuhkan keahlian khusus. Ada pula yang harus menempuh pendidikan tinggi. Dan ada pula yang hanya mengandalkan tenaga (fisik).
Jenis – jenis pekerjaan yang menghasilkan jasa
  1. Guru; adalah orang yang gmengajarkan ilmu, yang melayani siswa di bidang pendidikan. Guru memberikan bimbingan dan pengajaran di sekolah. Ada juga guru yang tidak mengajar di sekolah, misalnya hanya melalui kursus atau les di rumah.
  2.  Dokter ; adalah orang yang bekerja menyembuhkan pasien. Dokter memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Untuk menjadi dokter diperlukan pendidikan khusus di perguruan tinggi. Dokter merupakan pekerjaan yang mulia.
  3.  Pedagang ; adalah orang yang menjual apa saja. Pedagang melayani pembeli untuk membeli barang dagangannya. Pedagang dapat kita jumpai di pasar dan di toko.
  4.  Tukang cukur atau salon ; bekerja untuk mencukur rambut seseorang sesuai dengan permintaan. Pekerjaan ini memerlukan keahlan khusus atau belajar dari ahlinya. Tukang cukur biasanya digunakan oleh kaum laki-laki. Salon biasanya digunakan oleh kaum perempuan.
  5. Buruh angkut ; melayani jasa pengangkutan, misalnya jasa memindahkan dan mengangkut barang. Barang dapat diangkut sendiri atau menggunakan alat. Buruh angkut dapat dijumpai di mana saja, misalnya di pasar, di terminal, di pelabuhan, dan stasiun.
  6. Sopir ; adalah orang yang bekerja mengemudikan mobil. Sopir ada dua, yaitu sopir angkutan umum dan sopir pribadi. Sopir angkutan umum misalnya sopir bajaj, sopir bus, sopir taksi. Sopir pribadi misalnya sopir kantor dan sopir keluarga. Pekerjaan ini memerlukan keahlia khusus.
  7.  Pegawai negeri adalah orang gyang bekerja untuk negara dan melayani masyarakat. Pegawai negeri ada dua, yaitu pegawai negeri sipil (guru, pegawai kelurahan, pegawai pajak) dan pegawai militer (polisi dan tentara).

Soal Refleksi :
  1. Apa yang dimaksud dengan pekerjaan yang menghasilkan barang?
  2. Tuliskan lima contoh pekerjaan yang menghasilkan barang !
  3. Mengapa orangtua bekerja? Tuliskan tiga manfaat penghasilan dalam kehidupan sehari-hari !
  4. Tuliskan lima contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa !
  5. Apa yang dimaksud dengan pekerjaan yang menghasilkan jasa ?
 
Sumber :
Hernawan, Edi dan Endang Hendayani. 2009. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD dan MI
         kelas 3. Jakarta : Pusat Perbukuan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar